Resep Pepes Nasi Peda Enak Mudah

Bahan Bumbu Resep Masakan Pepes Nasi Peda Sederhana yang Enak Lezat dan mudah membuatnya dengan bumbu masakan yang pas.
Waktu masak: 65 menit
Porsi (orang) 3
Asal masakan masakan Indonesia
Jenis Hidangan

makanan utama
Resep pepes nasi peda adalah menu favorit mamah saya. Beliau sangat
menyukai nasi ini. Menu favorit yang wajib ada tiap kali kita botram,
saya yang buat pepes nasi ini, mamah yang nyiapin sambel dadak
andalannya. Botram itu ngangenin, kangen buat kumpul-kumpul dengan
keluarga, kangen ngobrol ini itu, kangen ketawa-ketawa, ah pasti selalu
semangat kalau udah adayang ngajak botram, selain bisa makan-makan tapi
nilai plus lainnya tetap bisa menjaga silaturahmi. Menurut saya, sambal
buatan mamah itu juara, apalagi sambal dadaknya. Bumbu yang digunakan sih
standar aja, ada tomat, bawang putih, terasi, garam, gula merah, dan si
cabe rawit. Hampir setiap bulan saya selalu menyempatkan untuk ke rumah
mamah buat nyicipin sambal dadaknya ini, padahal bikin sendiri juga bisa
kan, cuma teteup, sambal yang diulek mamah itu nomor satu deh rasanya.
Siapapun pasti setuju, apa pun yang dimasak mamah rasanya memang selalu
enak, iya kan?
Asin peda pada resep pepes nasi ini bisa diganti dengan asin jambal roti,
sama-sama sedapnya. Kalau dari segi harga, asin peda memang terbilang
lebih murah ketimbang asin jambal roti. Asin jambal roti terakhir saya
beli 1 ons harganya lima belas ribu. Proses pembuatannya sekitar satu
setengah jam. Mulai dari masak nasi menjadi nasi aron, menyiapkan daun
pisang yang dibakar terlebih dahulu di atas kompor supaya pas digulung
tidak robek sampai membungkus nasi aron.
Membungkus nasi aron agar nasinya padat ada triknya sendiri. Tuangkan dua
sendok makan pada daun pisang, gulung, sematkan salah satu ujungnya
dengan tusuk gigi. Masukkan kembali nasi pada ujung yang satunya lagi
sambil ditekan-tekan (kalau kata orang Sunda mah didedet-dedet) pake
sendok sampai padat, semat kembali ujungnya dengan tusuk gigi.
Jika Anda tidak menyukai asin-asinan, cukup membungkus nasinya saja
dengan daun pisang. Saya suka membuatnya untuk anak-anak. Resep pepes
nasi peda sedap disajikan dengan sambal terasi plus lalapan. Lalapan
favorit saya terong hijau, kalau suka, dengan pete atau jengkol goreng
lebih mantap. Jadi, buat yang suka pete ama jengkol, cobain deh bikin
nasi pepes ini, bakalan nyandu. Buat yang nggak suka bau-bauan bisa pake
lalapan kangkung atau kol yang direbus dulu, timun, dan salada. Nasi
pepes peda ini hampir sama dengan nasi liwet, cuma nasi pepes ini
dibungkus lalu dibakar. Aroma dari bakarnya ini yang menggoda,
wangiiiiii....

Resep Pepes Nasi Peda Enak Mudah

Bahan Bahan dan Bumbu Resep Cara Membuat

1. 500 gram beras
2. 250 ml santan cair
3. 500 ml air
4. 5 lembar daun salam
5. 2 batang serai, memarkan
6. 50 gram daun kemangi
7. 10 buah cabai rawit
8. 100 gram ikan asin peda, goreng setengah matang, suwir-suwir
9. 2 batang daun bawang, iris tipis
10. 1/2 sdt garam
11. secukupnya Daun pisang
12. Bumbu halus:
13. 10 siung bawang merah
14. 5 siung bawang putih
15. Pelengkap:
16. Lalapan
17. Ayam goreng
18. Tahu goreng
19. Tempe goreng

Resep Pepes Nasi Peda Enak Mudah

Cara Memasak Mudah dan Cepat

Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Sisihkan. Campur santan
cair, air, garam, daun salam, tumisan bawang tadi, dan serai, masak
hingga mendidih.
Masukkan beras, aduk rata, masak hingga menjadi nasi aron. Angkat.
Masukkan kemangi, cabai rawit, daun bawang, dan asin peda yang telah
disuwir, aduk rata
Ambil selembar daun pisang, letakkan beberapa sendok nasi, bungkus
seperti pepes. Lakukan seterusnya hingga bahan habis. Kukus selama 30
menit atau hingga matang. Bakar sebentar di atas wajan anti lengket
sampai harum. Angkat dan sajikan hangat bersama lauk pelengkap.

source:cookpad.com

loading...

Resep Pepes Nasi Peda Enak Mudah

cara masak nasi dg megikon, cara masak nasi liwet yg praktis & cepat
Resep Pepes Nasi Peda Enak Mudah | admin | 4.5